Jumat, 10 Juli 2009

Profil Pulau Sebuku


Pulau Sebuku merupakan salah satu kecamatan di Kabupaten Kotabaru, Provinsi Kalimantan Selatan. Dengan luas 225,5 km2 kecamatan ini terdiri 8 desa yaitu Desa Ujung, Desa Rampa, Desa Sungai Bali (ibukota kecamatan), Desa Serakaman, Desa Belambus, Desa Mandin, Desa Kanibungan dan Desa Sekapung.

Secara geografis, Pulau Sebuku berada tepat di tengah-tengah wilayah NKRI. Di sebelah barat berbatasan dengan Pulau Laut, di sebelah timur berbatasan dengan Selat Makassar. Penduduknya sekitar 8.270 jiwa atau sekitar 2.200 keluarga. Sebagian besar adalah nelayan dan petani kebun, sebagian lagi bekerja di perusahaan pertambangan batu bara dan bijih besi yang ada di pulau ini, yaitu PT. Bahari Cakrawala Sebuku (BCS) dan PT. Sebuku Iron Lateritic Ores (SILO).

Pusat pemerintahan Kecamatan Pulau Sebuku ada di Desa Sungai Bali (03"24'32,2 dan 116"24'25,7) berjarak sekitar 45 menit dari ibukota Kabupaten Kotabaru naik speedboat atau sekitar 20 menit dari Teluk Gosong, pelabuhan terdekat dari Pulau Laut. Selain dengan speedboat, wilayah ini juga bisa diakses dengan kapal ferry dan kapa penumpang umum 2 kali seminggu.

Di samping pertambangan, pulau ini juga memiliki potensi bidang perikanan dan kelautan, perkebunan karet dan merica serta pariwisata. Terdapat pula industri kecil pengolahan hasil laut seperti kepiting, cumi-cumi, udang dan rajungan yang diolah menjadi makanan awet, abon, kerupuk dan sebagainya. Juga terdapat kerajinan rotan dan kayu bakau.

6 komentar:

  1. Dear Sir;

    Do you know,if in Kab. Kotabaru there are still keturunan raja2 of P. Laut and Sampanahan.I have old pictures of the last rajas of P. Laut and dokumentasi of kerajaan2 in kab. Kotabaru.
    I can send to you also.

    Thank you.

    Salam hormat:
    DP Tick gRMK/Pusaka
    Vlaardingen/Belanda
    http://kerajaan-indonesia.blogspot.com

    BalasHapus
  2. Dear Sir;

    My e-mail is pusaka.tick@tiscali.nl .

    Thank you.

    Salam hormat:
    DP Tick

    BalasHapus
  3. bagus sekalai pulau sebuku ini. Saya harap ada kebijakan pemerintah untuk mengembangkan desa ini menjadi daerah yang mudah diakses dengan membangun jembatan atau sarana untuk memudahkan penduduk lain berkunjung melihat wisata pulau sembuku.di tunggu.amin.

    BalasHapus
  4. mudah mudahan saya bisa bekerja di pulau sebuku, lamaran ke sakari resources semoga mendapat tanggapan. amien

    BalasHapus
    Balasan
    1. Posisi Corporate support Responability di sakari resources yang saya lamar semoga berhasil dan bisa turut membangun 8 desa yang ada di kecamatan ini.

      Hapus
  5. Saya akan selalu merindukan pulau ini..

    Stidaknya sya pernah berada di sebuku island.. See you againt..

    BalasHapus