Minggu, 12 Juli 2009

PearlOil Akan Garap Gas di Blok Sebuku


KOTABARU. Setelah batu bara dan bijih besi, satu lagi 'harta karun' Pulau Sebuku yang akan segera diragap. Gas. Pada hari Kamis, (18/09) lalu di Operation Room Kantor Bupati Kotabaru telah dilaksanakan Sosialisasi dan Konsultasi Publik rencana kegiatan pengembangan lapangan gas lepas pantai ruby di Blok Sebuku Selat Makassar. Perusahaan yang akan menggarap gas Sebuku ini adalah PearlOil (Sebuku) Ltd, sebuah perusahaan multinasional yang berpusat di Singapura (Pearl Energy).

Dalam paparannya, PearlOil akan membangun anjungan kepala sumur (wellhead paltform) dan anjungan produksi (production quarters platform) di perairan sekitar Pulau Lari-Larian atau kira-kira 133 kilometer ke arah timur Pulau Sebuku pada sekitar bulan Maret 2011. Selain itu, PearlOil juga akan memasang pipa bawah laut sepanjang lebih kurang 300 kilometer untuk menyalurkan gas dari anjungan ke Senipah, Balikpapan, Kalimantan Timur . Sedangkan tahap produksi komersial akan dilakukan mulai 2012.


Hadir dalam sosialisasi itu Bupati Kotabaru, H. Sjachrani Mataja dan Pejabat dari BP Migas Departemen Pertambangan dan Energi, serta sejumlah pejabat terkait dari Provinsi Kalsel dan Kabupaten Kotabaru.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar