Sabtu, 29 Agustus 2009

Dirjen PHKA Dephut Kunjungi Pulau Sebuku


SUNGAI BALI. Tanggal 4 Agustus 2009 lalu, Dirjen Perlindungan Hutan dan Konservasi Alam Departemen Kehutanan RI, Ir. Dahori, MM mengunjungi Pulau Sebuku. Dalam kunjungan yang difokuskan pada 2 lokasi perusahaan besar di pulau ini, yaitu PT. Bahari Cakrawala Sebuku (BCS) dan PT. Sebuku Iron Lateritic Ores (SILO) ini antara lain meresmikan Kantor Kolaborasi Pengamanan Bersama Cagar Alam Selat Sebuku dan Kantor BKSDA Resort Sebuku, Pembukaan Pelatihan Pencegahan Kebakaran Hutan, dan Peresmian Penangkaran Rusa Sambar (cervus unicolor) PT. SILO.
Dalam arahannya, Dahori yang didampingi Direktur Pengendalian Kebakaran Hutan, Direktur Konservasi Kawasan dan Sekretaris Dirjen, mengatakan bahwa walaupun Pulau Sebuku hanya sebuah pulau kecil, namun perlindungan kawasan cagar alam merupakan tugas bersama antara Pemerintah, perusahaan dan masyarakat. Usaha PT. SILO dalam melestarikan alam seperti pengkaran rusa patut diapresiasi dan perlu ditingkatkan dengan kegiatan-kegiatan lainnya yang dapat meningkatkan kesejahteraan masyarakat. Demikian pula dalam upaya pemadaman kebakaran, perlu kepedulian penuh dari masyarakat, seperti pembukaan lahan agar jangan dengan cara dibakar karena selain merusak hutan juga merusak tanah.
Sementara itu, Direktur Utama PT. SILO, Effendy Tios, dalam laporannya menyebutkan bahwa semua kegiatan yang dilakukan tersebut bertujuan antara lain untuk menjaga keutuhan kawasan cagar alam Selat Sebuku sehingga dapat terkelola secara optimal, tercukupinya kebutahan air untuk kegiatan penambangan dan meningkatnya perekonomian masyarakat.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar